#image_title

Tumpeng Menoreh Dengan Pemandangan View Lembah dan 4 Gunung

Diposting pada

kakandhika26.com – Menikmati liburan di akhir tahun, saya mencoba melakukan perjalanan ke wisata Tumpeng Menoreh yang ada di daerah desa Ngargoretno yang letaknya di antara Magelang, Jawa Tengah dan Kulon Progo, Yogyakarta. Tumpeng Menoreh adalah restauran yang juga destinasi wisata untuk melihat keindahan alam, pemandangan yang bisa kita lihat dari sini adalah view lembah dan bisa melihat 4 gunung sekaligus, diantaranya Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Gunung Sumbing.

Disebut Tumpeng Menoreh

Nama Tumpeng Menoreh sendiri dikarenakan tempat ini berbentuk heksagonal yang menyerupai tumpeng dan dibangun di kawasan kebun menoreh, tumpeng menoreh didirikan oleh musisi Erix Soekamti dan diresmikan pada bulan Mei tahun 2021, peresmian tempat ini juga melibatkan pemuda sekitar yang dinamakan Gelangprojo. Gelangprojo adalah sebuah kawasan wisata yang berada di tiga Kabupaten sekaligus, tiga Kabupaten tersebut adalah Kulon Progo, Purworejo, dan Magelang.

Rute/Arah Menuju Tumpeng Menoreh

Kalian yang dari arah Yogyakarta atau dari luar kota, bisa mengikuti rute berikut (Bisa pakai google maps, namun pastikan sinyalnya kuat. Karena naik ke bukit) bisa ikuti arah rute ini :

• Dari tugu Jogja ke barat terus sampai perempatan Ring Road barat
  • Lurus sampai Perempatan Nanggulan
  • Sampai perempatan Nanggulan belok kanan, lurus terus sampai Perempatan Dekso
  • Di perempatan Dekso belok kiri ikuti jalan utama sampai memasuki jalanan bukit yang naik, turun, dan berkelok
  • Sesampai di Pertigaan Plono ikuti petunjuk arah
  • Terus ikuti jalan utama sampai bertemu petunjuk arah menuju tumpeng menoreh
  • Ambil arah ke kanan kondisi jalan akan berubah menjadi sempit tapi sudah di aspal, ikuti jalan aspal sampai bertemu dengan Tumpeng Menoreh di kiri jalan
  • Link Maps : https://maps.app.goo.gl/i94rLGKtRUxc84eA6

Berjarak sekitar 35 Kilometer jika di tempuh dari Jogja, masuknya lewat kebun teh Nglinggo jalanan sudah enak beraspal dan tidak terlalu curam, tapi masalahnya jika membawa mobil dan berpapasan dengan mobil lain dari arah berlawanan.

Harga Tiket Masuk dan Wahana

Bagi yang mau berkunjung untuk menikmati keindahan alam dan untuk refreshing dari kerasnya kehidupan di kota kalian bisa datang ke kawasan tumpeng menoreh untuk tiket masuk sebagai berikut :

• HTM sebesar Rp50.000 sudah include voucher makan Rp25.000 yang bisa kalian tukarkan di area restoran.
  • Kereta Gantung sebesar Rp50.000
  • Tumpeng Ayu (Tiket Sudah Include di HTM)
  • Glamping Menoreh (1 Juta/Tenda untuk 2 orang full service mulai sarapan, perlengkapan mandi, bedcover, Screen Projector (By Request))
  • Villa Menoreh (Couple Room dengan harga 2 Juta (2 Orang), Family Room : 3 Juta (6 Orang), Villa All In bisa merogoh kocek 7 Juta (12 Orang))

Sementara jam buka Tumpeng Menoreh adalah 24 jam, dengan waktu terbaik yaitu jelang matahari terbit dan terbenam.